twitter

SEMUA orang pasti ingin kelihatan awet muda, kalau bisa tampak lebih muda dari usianya walaupun proses penuaan terus berjalan. Tak heran, berbagai cara pun dilakukan agar penampilannya tetap bugar.

Keinginan untuk tetap tampil muda dan sehat sudah muncul sejak berabad-abad lampau. Orang Mesir rela berendam dalam lumpur karena kepercayaan lumpur bisa mengencangkan kulit. Sampai-sampai lahir dongeng tentang air terjun yang bisa membuat orang awet muda di berbagai negara.

Hingga kini, para ahli medis dan bioteknologi juga merasa tertantang untuk menyibak misteri menunda ketuaan. Padahal kunci untuk tetap sehat dan awet muda itu ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

Beberapa tips berikut mungkin bisa Anda terapkan. Di antaranya menjaga pola makan, Mengonsumi makanan sebaiknya hasil olahan sendiri dengan bahan yang masih segar dan alami, jangan makan makanan yang serba instan atau fast food, termasuk junk food.

Minum air putih minimal delapan gelas sehari, istirahat yang cukup dan olah raga secara teratur termasuk upaya untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Paparan sinar matahari sangat mempengaruhi kesehatan kulit, untuk itu kalau kena paparan sinar matahari sebaiknya memakai sunblock atau krim pelindung kulit dan jangan lupa pakai topi atau payung. Kalau berkendaraan memakai helm penutup muka.

Perlu diketahui, akibat proses penuaan banyak penyakit yang mengancam, seperti diabetes, osteoporosis, hipertensi dan sejenisnya. Belum lagi berbagai efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi sejak usia muda.

Efek samping ini bisa berupa aneka ragam penyakit yang tidak kita alami di usia belia. Ditambah dengan kondisi tubuh yang mengalami somatopause, yaitu saat di mana tubuh berhenti memproduksi hormon-hormon yang sangat diperlukan seperti testoteron, progesteron, estrogen dan sejenisnya.

Pada kaum Adam, masa ini lebih populer dengan sebutan andropause, sedangkan pada perempuan dikenal dengan nama menopause. Keduanya sama-sama ditakuti, sebab selain mengundang berbagai jenis penyakit penuaan juga mengurangi keindahan penampilan.

Baik pada lelaki maupun perempuan, kehilangan hormon akan menurunkan aktivitas tubuh. Penampilan mereka tidak lagi sesegar di saat belum memasuki masa somatopause.

Memang cukup banyak obat dan layanan medis yang menjanjikan bisa menunda penuaan. Namun tetap saja cara alami adalah yang terbaik. Ada beberapa program awet muda yang di antaranya bisa kita terapkan dalam hidup sehari-hari, di antaranya perawatan kulit, menjaga tubuh agar tetap langsing dan menjaga pola makan.

Selain yang disebutkan di atas, gerakan ringan ini akan membantu Anda membentuk perut agar tampil lebih indah. Lakukan dua set dengan masing-masing 10-12 pengulangan untuk setiap jenis latihan, lima kali seminggu.

1. KNEE CIRCLE
Berbaring dengan punggung rata ke lantai. Letakkan kedua tangan relaks di sisi tubuh sejajar dengan lantai. Perlahan angkat kedua kaki hingga kedua lutut berada di atas perut. Tahan selama 5 hitungan, setelah itu gerakkan lutut berputar ke arah kiri sampai pada posisi sekitar 45 derajat. Perut dan bagian atas tubuh tetap menghadap ke atas. Tahan selama 5 hitungan, lalu kembalikan lutut ke posisi awal sambil tetap menggerakkannya memutar. Ulangi dengan posisi berlawanan.

2. SIDE CHOP
Berdiri dengan kedua kaki terbuka. Kedua tangan memegang dumbel atau medicine ball dengan berat 2-3 kg. Turunkan tubuh hingga dalam posisi setengah jongkok, lalu tarik kedua tangan ke arah bawah kiri tubuh. Rasakan sampai terasa tubuh tertarik ke arah kiri bawah. Posisi tangan berada di samping tubuh, sementara lutut tetap menghadap ke arah depan.
Tahan selama 5 hitungan, lalu perlahan tarik tangan yang memegang dumbel ke arah kanan atas sejauh-jauhnya. Pandangan mata mengikuti gerakan dumbel hingga posisi tangan berada di samping kanan kepala. Rasakan hingga bagian perut terasa tertarik ke atas. Tahan selama 5 hitungan, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi dengan posisi bergantian.

3. UPPER BODY CRUNCH
Berdiri tegak, buka kaki lebar-lebar. Tekuk kedua lutut, tumpangkan kedua telapak tangan di samping kepala. Tahan perut, ambil napas dalam-dalam. Perlahan, tekuk pinggang kanan ke arah samping kanan hingga terasa tarikan di bagian sisi kanan tubuh. Tahan selama 5 hitungan. Perlahan kembali ke posisi awal. Tarik napas, lalu gerakkan tubuh ke arah sebaliknya, sementara pinggul tetap menghadap ke depan. Hembuskan napas. Kembali ke posisi awal. Ulangi 10 kali setiap sisi.

4. BACK EXTENSION
Berlutut dengan tumpuan kedua lutut dan telapak tangan. Tubuh sejajar dari kepala hingga pantat. Perlahan, angkat tangan kiri ke atas hingga sejajar dengan posisi tubuh. Pada saat yang sama, angkat pula kaki kanan hingga berada pada posisi sejajar dengan tubuh. Tahan selama 5 hitungan, lalu perlahan kembalikan ke posisi semula sambil membuang napas. Ulangi dengan posisi tangan bergantian.



Sabtu, Januari 03, 2009 | 4 comments |

4 comments:

  1. tubuh tetap langsing
    Jumat, 13 Februari 2009 00.05.00 GMT-8

    Terima kasih atas infonya...
    Sangat bermanfaat..
    Silahkan berkunjung ke:
    http://langsing-cantik.blogspot.com/2009/01/tips-agar-tubuh-tetap-langsing.html

  1. agar perut langsing
    Selasa, 24 Februari 2009 18.17.00 GMT-8

    Blog yang bermanfaat...

  1. Anonim
    Rabu, 26 Oktober 2011 20.23.00 GMT-7

    ok

  1. Anonim
    Rabu, 09 November 2011 20.11.00 GMT-8

    okk